WRITING TIPS

Langkah-Langkah Menerbitkan Novel

Banyak teman saya yang sangat bersemangat untuk menerbitkan novel, tapi bingung harus memulainya dari mana. Kebanyakan dari mereka malah berhenti di tengah jalan ketika sudah memulai. Alasannya pun beragam, misalnya karena terlalu banyak ide, tidak ada inspirasi, tidak ada waktu, dll. Sebenarnya sayang sekali kalau kesempatan untuk berbagi imajinasi tertunda karena alasan-alasan itu. Kalau motifnya benar, langkahnya benar, dan ada kemauan besar, pasti bisa lolos ujian di penerbit😀

Read more…

Kenali Jenis Novel Kamu

Kebanyakan penulis pemula masih bingung mau mengirimkan tulisannya ke penerbit mana setelah tulisan itu sudah selesai ditulis. Sebagaian besar dari mereka tak terlalu mempermasalahkan jenis tulisan mereka, tapi langsung menuangkan apa yang ada di dalam pikiran mereka ke bentuk tulisan. Padahal, ketika sudah tiba waktu untuk penerbitan, kita perlu menyesuaikan jenis tulisan kita dengan penerbit yang kita tuju. Ini cukup penting karena tak semua penerbit menerbitkan berbagai macam tulisan.

Read more…

Membuat Kerangka Karangan (Outline)

Jangan sepelekan hal yang satu ini. Kerangka karangan atau kerangka tulisan atau rancangan tulisan atau outline sangat penting untuk penulis pemula. Bagi penulis profesional, outline memang tidak terlalu dibutuhkan. Outline sudah ada di otak mereka, tak perlu ditulis, atau bahkan tak butuh outline. Tulisan langsung mengalir begitu saja. Tapi, mengutip apa yang dikatakan dosen saya, “Outline itu mutlak adanya bagi penulis pemula. Bahkan, penulis profesional pun juga tetap membutuhkan outlinesaat akan menulis, walaupun hanya ada di otak mereka”.

Read more…

Pilih Penerbit yang Sesuai

Sebagian besar penulis pemula kesulitan mempublikasikan karya mereka karena tidak tahu penerbit mana yang harus mereka tuju. Sebenarnya, hal ini penting untuk diketahui sebab akan memudahkan proses publikasi. Mengirimkan naskah romanceke penerbit novel religi atau mengirimkan naskah teenlit ke penerbit novel sejarah? Tentu saja naskah akan tertolak.

Read more…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s