DENDROLOGY

I love trees. I love studying them; their growth, their blooming season, their structure. Here are some stories about them.

Di Bawah Keteduhan Trembesi
Oleh : Tyas Effendi & Achmad Siddik Thoha

Gerimis pertama di musim penghujan tahun ini akhirnya turun juga. Titik-titik air dingin jatuh menatap permukaan aspal yang bersih. Seorang gadis berlari-lari kecil menerobos rintiknya, membiarkan anak hujan itu mengguyurnya. Tangannya mendekap lembaran-lembaran tugas di depan dada. Gadis itu menghentikan langkahnya di bawah sebatang pohon tua di bahu jalan. Samanea saman. Pohon Trembesi, Pohon Hujan.

read more

Berkomunikasi dengan Alam
Oleh: Tyas Effendi dan Achmad Siddik Thoha

Kota-kota kini sudah tak lagi menyisakan banyak tempat untuk tumbuhnya tanaman. Jalan-jalan semakin tebal berlapis aspal. Udara pun kian keruh oleh polusi. Tapi, teori itu seketika tak berlaku untuk sebuah rumah di sudut ibukota yang tampak begitu asri. Bunga-bunga bermekaran berwarna-warni. Kupu-kupu dan capung pun terlihat riang menyebarkan serbuk sari.

Seorang gadis tengah berdiri di antara tanaman yang menghijau itu, menyirami mereka seperti sore-sore biasanya. Bunga-bunga amarilys dengan kuntum-kuntumnya yang cerah tampak merona. Ada yang berbeda dari caranya merawat tanaman. Rupanya ada rahasia di balik rimbun kembangnya itu.

read more

Keajaiban Air

Tak pernah terlupa olehku tentang keajaiban air yang kutemukan saat itu. Kebaikan air telah membantuku di masa sulit. Saat itu, ketika aku masih menjadi seorang pelajar, aku dan lima orang temanku dari klub Pecinta Alam mengadakan pendakian ke gunung. Entah, aku lupa apa gunung yang kami kunjungi ketika itu. Kisah ini sudah tua memang.Read more…

Kenalilah Pribadimu, Sahabat

Sebuah papan pengumuman di seberang itu menyimpan misteri di mata kami. Seolah di sana sudah tertulis arah perjalanan hidup kami selanjutnya. Sekian banyak peserta ribut mengelilinginya. Semuanya saling dorong hanya untuk melihat, apakah nama mereka tertera di papan pengumuman itu atau tidak. Aku dan dua orang temanku berjalan dengan was-was ke sana. Sekedar melihat saja, kami sudah takut. Kami takut jika nantinya tidak mendapati nama kami di sana.Read more…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s