Welcome Party – Sebuah Tradisi

Beswan Djalang 29 berfoto bersama seusai Welcome Party.

Beswan Djalang 29 berfoto bersama seusai Welcome Party.

Ada banyak kegiatan yang akan diikuti seorang beswan, termasuk salah satunya Welcome Party (WP). WP sebenarnya tidak termasuk dalam rangkaian kegiatan pelatihan soft skills yang akan diikuti seorang beswan. Kegiatan ini adalah sebuah momentum awal pertemuan semua beswan dalam satu distrik yang sudah menjadi sebuah tradisi. Bisa dibilang, gathering ini semacam ospek di ranah beswan. Dalam kegiatan yang berlangsung sehari ini, semua beswan dalam satu distrik akan berkunjung ke kantor Djarum dan mendapatkan pengetahuan tentang serangkaian kegiatan yang akan mereka ikuti selama menjadi beswan, serta ketentuan-ketentuan lainnya.

Acara Welcome Party yang diikuti oleh Beswan Djalang 29 Malang diadakan pada tanggal 13 Oktober 2013 di Kantor Djarum. Awalnya, semua Beswan Djalang berkumpul di gazebo Universitas Brwijaya—mengingat jumlah beswan dari kampus biru ini adalah yang paling banyak se-Malang. Sembari menunggu teman-teman yang lain datang, setiap kelompok mempersiapkan yel-yel masing-masing. Ya, beswan dari Distrik Malang memang sudah dibagi dalam beberapa kelompok yang anggotanya terdiri dari kumpulan beswan dari berbagai universitas di Malang. Mungkin, konsep pembagian kelompok inilah yang nantinya membuat Beswan Djalang memiliki yel-yel terheboh dari beswan-beswan distrik lain.

Setelah semua beswan berkumpul, perjalanan ke Kantor Djarum pun dimulai dengan dipimpin oleh kakak beswan angkatan 28. Acara dimulai dengan presentasi oleh pembina Pembina Djarum Bakti Pada Negeri Malang tentang segala seluk beluk Djarum Beasiswa Plus. Presentasi ini juga mencakup pembahasan tentang prosedur penerimaan uang beasiswa, atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘gaji’. Penerimaan gaji dilakukan setiap bulannya selama setahun dengan membawa KTM dan tanpa boleh diwakilkan oleh orang lain.

Acara selanjutnya adalah presentasi tentang semua kegiatan yang akan dilakukan oleh seorang beswan: Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, International Exposure, dan Community Empowerment. Penjelasan tentang semua rangkaian kegiatan tersebut juga merupakan media sharing pengalaman oleh kakak beswan 28 karena mereka sudah merasakan semua kegiatan tersebut.

Satu bagian yang menarik dari acara Welcome Party Beswan Djalang adalah kegiatan tukar kado. Semua beswan angkatan 29 yang datang dalam acara tersebut memang diminta membawa kado berbungkus koran dan bersifat netral, artinya barang tersebut dapat dipakai laki-laki dan perempuan. Kemudian, semua beswan duduk melingkar dan menggeser kadonya sesuai instruksi MC. Dari sanalah kemudian terjadi pertukaran kado yang menyenangkan. Ada yang dapat bantal, cangkir, pigura dengan foto Beswan Djalang, gelang bermotif macan, atau bahkan flashdisk 8 GB.

Kura-kura yang didapat penulis dari tukar kado di Welcome Party.

Kura-kura yang didapat penulis dari tukar kado di Welcome Party.

Untuk menghapus gap antara kelompok satu dan kelompok lain, pada akhirnya semua beswan disatukan dengan ditandai dengan dipilihnya pengurus inti. Kemudian, dalam waktu satu jam, harus sudah terbentuk sebuah yel-yel yang merupakan gabungan dari potongan yel-yel terbaik dari setiap kelompok. Perlu digarisbawahi, untuk Distrik Malang, tak mengherankan kalau yel-yel yang dibuat penuh dengan punch line kata terkenal khas Surabaya. Penambahan kata yang sebenarnya cukup kasar untuk kalangan arek Malang tersebut semata-mata untuk merekatkan dan mengakrabkan semua anggota.

Penutup acara adalah prosesi tutup masa jabatan dari angkatan 28 yang ditandai dengan kegiatan saling minta maaf antarbeswan. Bagian ini cukup mengharukan, sebab hampir semua kakak beswan menangis mengenal masa setahun ke belakang yang telah mereka jalani. Ada tawa, duka, rasa sesal, dan juga rasa bangga yang mereka bagi. Terbayang sudah masa satu tahun ke depan yang akan dijalani Beswan Djalang 29. Langkah pertama sudah diawali dengan tradisi Welcome Party, tradisi yang menjadi saksi pertemuan pertama beswan.

2 thoughts on “Welcome Party – Sebuah Tradisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s