Kado Kecil Buat Bumi

Setiap negara memperingati Earth Day di tanggal 22 April. Di tanggal itulah kebanyakan orang baru bisa benar-benar memperhatikan Bumi. Di hari-hari lain, pemanasan global dibiarkan menggosongkan penghuninya, sampah-sampah dibiarkan meradang di jalan, polusi dari berbagai sumber dibiarkan mencari langkah sendiri. Penghijauan kampung bahkan hanya dilakukan ibu-ibu PKK kalau mau ada penilaian dari pusat.

Saya tak mau menyalahkan orang lain. Sebab saya sendiri juga belum bisa melakukan yang terbaik buat kekasih Matahari. Yang saya lakukan bahkan baru sebatas membuang sampah di tempat sampah, menghijaukan rumah sendiri, dan mengajak orang lain mencintai pohon-pohon lewat fiksi.

Di rumah, dulu saya punya kebun bunga yang bisa dibilang sangat asri. Keluarga saya pecinta tanaman. Tapi, gara-gara munculnya wabah ulat bulu, ayah membabat habis semua tanaman ==” . Sekarang semua dimaulai dari nol. Tanaman yang kami punya baru sekitar tujuh jenis. Yang paling saya suka adalah bunga kamboja.

-beberapa minggu lalu, bunga kamboja kami mulai menampakkan dua kuncup dengan malu-malu-

 

-kuncup yang pertama sudah mulai mekar, sementara yang kedua masih lelap tidur-

 

-kuncup yang pertama mekar sempurna-

-kuncup yang kedua sudah mulai bangun, lalu muncul pula dua kuncup berikutnya-

-pagi hari, embun tertangkap singgah di kamboja kami-

-tiga kembang mekar bersama. kuncup yang lain segera menyusul pula-

 

Sayangnya, di rumah tak ada lahan luas untuk menanam pohon. Padahal, saya ingin sekali memanjat Trembesi di depan rumah atau duduk santai di bawah Flamboyan yang mekar, juga di halaman rumah. Ah, barangkali lain kali akan saya tanam saat sudah punya rumah sendiri ;D

 

nb: Pohon Bungur ungu sedang mekar di sepanjang jalan, sedangkan yang putih sedang musim berbuah.

Leave a Reply

