Keselarasan dalam Keanekaragaman

Perbedaan adalah kekayaan. Klasik memang, tapi seringkali kalimat itu masih juga belum banyak dipraktikkan. Kenyataannya, masih banyak juga perbedaan yang menimbulkan pertentangan. Perbedaan yang tidak ditanggapi dengan toleransi akan menimbulkan kesalahpahaman. Bahkan, tak jarang perbedaan juga menimbulkan perkelahian jika masing-masing pihak tak mau saling mengerti.

Di negara kita, keanekaragaman sudah merupakan makanan sehari-hari. Indonesia sendiri merupakan negara multi etnik yang berarti kumpulan dari banyak suku bangsa. Ada Suku Jawa, Suku Minangkabau, Suku Sunda, Suku Dayak, dan lain-lain. Tak hanya etnis saja, bahasa daerah yang ada di Indonesia pun juga beragam, tergantung suku pemakai bahasa itu sendiri. Budaya masing-masing daerah juga bermacam-macam. Banyaknya perbedaan ini akan membuat kita banyak belajar tentang cara menghargai perbedaan.

Bhineka tunggal ika, motto yang berarti ‘berbeda-beda tapi tetap satu’ ini harus dijunjung tinggi untuk menciptakan keharmonisan di antara perbedaan-perbedaan. Motto yang berasal dari pemikiran Mpu Tantular ini adalah salah satu penyatu keberagaman yang ada di Indonesia. Keberagaman budaya bukanlah perbedaan, tapi merupakan kekayaan yang harus dihargai oleh satu sama lain.

Harmony in diversity, keselarasan dalam keanekaragaman, mengajarkan kita untuk saling menghargai perbedaan. Saat kita sudah bisa menghargai dan mengapresiasi perbedaan itu, kita akan bisa mencapai keselarasan hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s